Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
  • guest
    kreatif dan menarik untuk...
  • guest
    informasi yang menarik...
  • ems
    percobaan posting...
Other website

Tinggalkan Pesan

Sentra Pemasaran UKM Terpecah-pecah

SEMARANG- Sentra pemasaran Usaha Kecil Menengah (UKM) Jateng saat ini terpecah-pecah. Pelaku usaha kecil itu, di kota belum memiliki sentra UKM yang dapat menjadi ikon belanja dan terpadu dalam satu kawasan.

Direktur Utama PT Sarana Jateng Ventura Wahyono mengatakan, saat ini terdapat 3,6 juta unit UKM di Jateng yang memerlukan ruang pamer representatif, yang  dapat berfungsi sebagai outlet , untuk transaksi bisnis, baik secara retail maupun partai, dengan pembeli dalam negeri maupun luar negeri.

‘’Sekitar 217 sentra produksi yang tergabung dalam 23 klaster tersebar di 35 kabupaten atau kota di Jateng. Itu semua adalah potensi ekonomi yang luar biasa bila disinergikan dengan strategi yang tepat. Bahkan saat ini, potensi ekspor UKM Jateng hingga mencapai 201 kontainer,’’ katanya di sela-sela kegiatan pelepasan ekspor furniture UKM ke 201 klaster UKM ekspor di Kawasan Industri Candi, kemarin.

Kegiatan pelepasan produk ekspor ke-201itu  dihadiri Gubernur Jateng Bibit Waluyo, Ketua Dekranasda Jateng Sri Suharti Bibit Waluyo dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jateng Drs Abdul Sulhadi.
Infra Struktur Dalam rangka pengembangan UKM di Jateng, Pemprov Jateng turut membangun klaster di Kawasan Industri di Candi Semarang seluas 45 ha. Di tempat ini, mampu menampung 300 UKM. Pada 2014 nanti ditargetkan bisa menampung 1.000 UKM dengan fokus makanan olahan, minuman, tekstil berbasis fashion, jamu serta mebel.

Dikatakan Wahyono, rencana pengembangan klaster UKM ini masih terkendala beberapa hal salah satunya pengadaan jaringan listrik, ketersediaan infrastuktur dan peralatan. Meski demikian, ke depan pihaknya akan terus mengembangkan klaster UKM agar berpeluang ekspor. Sehingga menjadi pusat studi dan pengembangan industri furniture, kerajinan dan woodworking di Indonesia.

Bibit mengatakan, Pemprov Jateng akan terus mendukung program pengembangan klaster UKM Center dalam rangka menyejahterakan para pelaku usaha.  (K14-44 )

 

Sumber : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/10/15/126872/Sentra-Pemasaran-UKM-Terpecah-pecah

Fri, 15 Oct 2010 @07:59
Tags: news berita


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 Disperindag Prov Jateng
All Rights Reserved