Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
  • guest
    kreatif dan menarik untuk...
  • guest
    informasi yang menarik...
  • ems
    percobaan posting...
Other website

Tinggalkan Pesan

Revisi API Tahap Finalisasi

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan revisi Arsitektur Perbankan Indonesia (API) pada akhir Desember ini. Revisi memuat mengenai apa yang akan dilakukan oleh bank sepuluh tahun mendatang dalam menghadapi persaingan karena industri keuangan makin terbuka.

Menurut Deputi Gubernur BI Muliaman D Hadad, revisi tersebut sudah masuk tahap finalisasi dan tinggal menunggu pembahasan dengan Dewan Gubernur BI. “Mudah-mudahan akhir tahun sudah bisa diumumkan,” tuturnya, kemarin.
Selain penguatan permodalan perbankan, revisi API memuat beberapa poin penting. Pertama, perbaikan akses pendanaan masyarakat terhadap perbankan, terutama kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Tujuannya, mendukung pemerintah mengentaskan warga miskin.

BI, lanjut Muliaman, akan mengembangkan program inklusif finansial.
Caranya, yang pertama adalah meminta bank memperbaiki akses pendanaan bagi masyarakat kecil dan mempermudah syarat mendapatkan kredit, serta memperkuat sinergi antara bank umum dan BPR melalui program linkage dan pembentukan apex bank atau bank induk.

‘’Kami harapkan hal itu mampu meningkatkan penyaluran kredit perbankan,’’ jelasnya.
Kedua, BI meminta Bank Pembangunan Daerah (BPD) memperjelas strategi dan memperkuat permodalan untuk mewujudkan cita-cita sebagai regional champion. “Kami akan melakukan review terhadap pola hubungan BPD dengan bank-bank lain yang sudah masuk dan punya cabang,” tambahnya.

Ketiga, bank sentral akan melakukan definisi ulang terhadap peran BPR dalam pembentukan community bank.
Saat ini pangsa pasar BPR makin tergerus oleh bank-bank umum dan asing yang gencar menggarap sektor mikro.
“Semoga dengan definisi ulang itu masalah yang selama ini muncul bisa diatasi,” tutur Muliaman.
Keempat, BI meminta bank menerapkan green banking atau memperhatikan aspek lingkungan sebelum menyalurkan kredit kepada debitor. Misalnya tidak memberikan persetujuan kredit kepada industri yang merusak lingkungan.

Dorong BPD

Dia mengungkapkan API yang baru juga akan mendorong BPD agar bisa menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri . Saat ini BPD masih kalah bersaing dengan bank-bank berskala nasional. ‘’Kami akan menyinergikan supaya bank BUMN bisa ikut mendorong BPD-BPD,’’ tandasnya.

Bentuk-bentuk sinergi itu, kata Muliaman, akan dituangkan dalam revisi API. Selain BPD, API versi revisi itu melibatkan BPR-BPR yang selalu mengeluh karena sulit bersaing dengan bank-bank yang sudah mapan.
Sinergi itu penting mengingat ke depan penuh tantangan. Indonesia yang kini menduduki posisi 18 dari sisi size, lima tahun mendatang atau 2015 diperkirakan berada di urutan 10 dan 020 mencapai lima besar. (bn-29)

Sumber : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/12/09/132073/Revisi-API-Tahap-Finalisasi

Thu, 9 Dec 2010 @10:38
Tags: news berita


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 0+4+7

Copyright © 2017 Disperindag Prov Jateng
All Rights Reserved