Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
  • guest
    kreatif dan menarik untuk...
  • guest
    informasi yang menarik...
  • ems
    percobaan posting...
Other website

Tinggalkan Pesan

Pengembangan Manufaktur Dorong Investasi

SEMARANG - Dewan Pembina DPP Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jateng Djoko Wahyudi menilai kualitas infrastruktur jalan masih menjadi pekerjaan besar yang harus segera dibenahi pemerintah daerah. ”Dibanding dengan Jatim, kualitas infrastruktur jalan kita masih jauh tertinggal. Itu bisa menghambat investasi, karena berimbas pada biaya transportasi,” ujarnya, kemarin.

Menurutnya, orientasi lainnya yang menjadi perhatian untuk percepatan ekonomi adalah pertumbuhan manufaktur. Sebaliknya realita pertumbuhan konsumsi jauh lebih besar dibanding manufaktur. Itu terlihat dari minimnya jumlah pendirian industri padat modal.

Djoko menyorot rencana pendirian pabrik gula di Blora dalam waktu dekat ini, sudah menjadi langkah awal yang positif. Hanya saja alangkah baiknya, pengembangannya bisa diarahkan sampai wilayah Rembang.

”Rembang sangat berpotensi sebagai lahan kering yang bagus untuk penanaman tebu. Kurang pas kalau disana hanya untuk didirikan pabrik semen,” ungkapnya.

Peluang investasi lainnya yang perlu segera ditindaklanjuti adalah rencana PT Sritex yang akan membangun pabrik serat rayon (fiber), dimana produksi serat rayon di dalam negeri baru dilakukan oleh dua produsen.

Ekspansi produsen tekstil dan produk tekstil (TPT), di serat rayon ini sejalan dengan proyeksi Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), dimana negara ini bakal menjadi produsen serat rayon dan polyester terbesar di dunia pada 2014. Sementara kebutuhan kapas sangat bergantung pada pasokan impor. Karena itu ketika Pakistan dan Bangladesh mengalami gagal panen, harga kapas dunia melonjak cukup drastis sehingga memukul industri pertekstilan di negeri ini. (J9-44)

 

Sumber : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/01/06/134172/Pengembangan-Manufaktur-Dorong-Investasi

Thu, 6 Jan 2011 @09:27
Tags: news berita


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 9+1+2

Copyright © 2017 Disperindag Prov Jateng
All Rights Reserved