Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
  • guest
    kreatif dan menarik untuk...
  • guest
    informasi yang menarik...
  • ems
    percobaan posting...
Other website

Tinggalkan Pesan

Peluang Bisnis Sampingan Modal Kecil

image

Memutuskan untuk memulai usahamemang tidak mudah. Berbagai alasanpun sering dijadikan sebagai penghalang seseorang untuk memulai usaha. Beberapa alasan yang sering digunakan antara lain tidak memiliki modal usaha, tidak memiliki keahlian di bidang tertentu, atau tidak memiliki waktu luang yang cukup untuk memulai usaha.

Padahal untuk memulai sebuah usaha tidak harus memeras waktu, tenaga dan modal yang besar. Banyak peluang usaha yang bisa dijalankan dengan mudah dan murah, di sela-sela kesibukan Anda.

Salah satu contoh  peluang bisnis sampingan modal kecil yang bisa dijalankan yaitu menjadi supplier camilan. Bisa dibilang bisnis ini sangat mudah dijalankan, dan modal usaha yang dibutuhkan juga kecil. Bisnis ini juga sangat fleksibel, sehingga cocok bagi Anda yang memiliki pekerjaan tetap setiap harinya. Sebab, peluang bisnis tersebut tidak menyita banyak waktu dan tenaga, jadi pekerjaan sehari-hari Anda tidak akan terganggu.

Konsumen
Hampir semua orang suka ngemil, sehingga sasaran pasar bisnis ini cukup luas. Dari mulai anak-anak sampai orang tua, rata-rata menyukai berbagai jenis camilan untuk menemani waktu santai mereka. Untuk memenuhi permintaan pasar, Anda bisa menjadikan minimarket, supermarket, atau warung-warung yang ada di sekitar Anda sebagai target pemasaran produk Anda.

Info bisnis
Untuk memulai bisnis supplier camilan, yang perlu Anda perhatikan antara lain :

1. Pertama cari produsen camilan yang menawarkan produk berkualitas dengan harga terjangkau.  Perhatikan betul kualitas camilan yang ditawarkan, baik dari segi rasa, kebersihan, maupun tampilannya. Disamping itu, Anda juga harus jeli memilih camilan yang banyak diminati masyarakat luas. Agar produk yang Anda tawarkan, laku keras dipasaran.

2. Selanjutnya tawarkan kerjasama dengan produsen tersebut. Sampaikan bila Anda ingin memasarkan kembali produk camilan mereka. Hal ini dimaksudkan agar produsen memberikan harga khusus bagi Anda, minimal lebih murah dari harga jual eceran dipasaran.

3. Langkah berikutnya, siapkan modal peralatan dan perlengkapan usaha yang dibutuhkan. Seperti mesin pengemas (sealer), serta plastik kemasan yang menarik dengan ukuran beragam. Dan yang terpenting untuk kemasan produk, jangan lupa cantumkan label atau merek produk tersebut.

4. Cari target pasar yang potensial, misalnya saja warung-warung disekitar rumah Anda, toko oleh-oleh, kantin sekolah atau kampus, kost-kostan, serta minimarket dan supermarket yang pasarnya cukup bagus.

Bisnis ini juga sangat mudah dikelola, Anda cukup membeli produk camilan dalam jumlah besar dan memasarkan kembali dengan mengemasnya dalam kemasan ukuran lebih kecil dan mencantumkan label atau merek produk yang menarik.

Kelebihan bisnis
Banyak kemudahan dan keuntungan yang diperoleh dari bisnis sampingansupplier camilan. Walaupun modal yang dibutuhkan terbilang kecil, namun bisnis ini menghasilkan keuntungan  cukup besar. Tingginya minat konsumen akan produk camilan, membuat peluang pasar bisnis sampingan tersebut semakin luas.

Selain itu, produk camilan juga memiliki daya tahan yang cukup lama. Sehingga resiko kerugian bisnis cenderung kecil.

Kekurangan bisnis
Kendala usaha yang sering dihadapi adalah pengadaan barang yang tidak pasti. Permintaan pasar yang tinggi, membuat pelaku usaha sering kehabisan persediaan barang. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya saat stok barang dari produsen melimpah, maka Anda bisa membelinya dalam jumlah yang lebih banyak. Atau bila perlu jalin kerjasama dengan beberapa produsen, untuk mengantisipasi permintaan pasar yang tinggi.

Pemasaran
Untuk memasarkan produk, Anda bisa menggunakan sistem konsinyasi (titip jual) maupun jual putus di beberapa tempat potensial. Untuk menjangkau semua konsumen, Anda juga bisa menawarkan produk camilan dalam berbagai ukuran mulai dari 100 gram sampai 1000 gram. Dengan desain kemasan yang unik dan label yang mudah diingat konsumen, produk Anda mampu bertahan ditengah persaingan pasar yang ketat.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan strategi promosi, yang bisa menarik minat konsumen untuk membeli produk Anda. Misalnya dengan adanya pemberian bonus atau potongan harga tertentu untuk pembelian produk dalam jumlah banyak. Strategi ini cukup membantu para pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan produk.

Kunci sukses
Kunci kesuksesan bisnis ini terletak pada kualitas produk yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, pilih produk yang rasanya berkualitas, dikemas dengan menarik, dan sesuai dengan selera pasar saat ini. Dengan begitu loyalitas konsumen semakin meningkat, dan penjualan produkpun ikut meningkat.

Selanjutnya, Anda juga harus jeli dalam mencari pasar yang potensial. Hindari warung, maupun toko yang sepi pengunjung. Hal ini untuk mengurangi resiko kerugian, karena penjualan produk tidak optimal.

Analisa ekonomi

Modal awal
Mesin sealer (ukuran 30 cm)             Rp   400.000,00
Tas motor (untuk membawa produk)        Rp   175.000,00
Stok awal camilan (5 ball)              Rp   500.000,00 +
Total                                   Rp 1.075.000,00

Penyusutan mesin sealer, setelah pemakaian 3 tahun (36 bulan):
= 1/36 x Rp 400.000,00          =       Rp 11.100,00                           

Biaya operasional per bulan
Stok barang 3 ball (isi 5 kg) x 30 hr    Rp  9.000.000,00
Plastik kemasan dan label                Rp    200.000,00
Gaji pegawai (Rp 25.000,00 x 30 hr)      Rp    750.000,00
Listrik                                  Rp    100.000,00
Transportasi                             Rp    150.000,00­
Biaya penyusutan mesin                   Rp     11.100,00+
Total                                    Rp 10.211.000,00

Omset per bulan
Ukuran kecil
(@ Rp 400,00 x 100 pcs x 30 hari)   =    Rp  1.200.000,00
Ukuran sedang (150 gram)
( @ Rp 6.000,00 x 30 pcs x 30 hari) =    Rp  5.400.000,00
Ukuran besar (250 gram)
(@ Rp 10.000,00 x 15 pcs x 30 hari) =    Rp  4.500.000,00 +
Total                                    Rp 11.100.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 11.100.000,00 - Rp 10.211.000,00 = Rp 889.000,00

BEP
(modal awal : laba bersih per bulan)   = 1,2 bulan

Dari pembahasan diatas bisa disimpulkan bahwa untuk memulai sebuah usaha, Anda tidak perlu berhenti bekerja maupun menunggu kucuran modal besar. Yang terpenting kuatkan tekad Anda dan jangan pernah takut untuk mencoba segala peluang usaha yang bisa Anda jalankan. Akhir kata, semoga informasipeluang bisnis sampingan modal kecil ini memberikan manfaat bagi para pembaca. Salam sukses.

 

Sumber gambar : Tim Bisnis UKM

Sumber artikel : http://bisnisukm.com/peluang-bisnis-sampingan-modal-kecil.html

Mon, 10 Jan 2011 @11:10


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 2+1+2

Copyright © 2017 Disperindag Prov Jateng
All Rights Reserved