Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
  • guest
    kreatif dan menarik untuk...
  • guest
    informasi yang menarik...
  • ems
    percobaan posting...
Other website

Tinggalkan Pesan

Impor Pangan Bebas Bea Masuk Bentuk Kegagalan Pemerintah

JAKARTA- Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima akan memanggil Dewan Ketahanan Pangan, yaitu Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Pertanian Suswono dan Dirut Perum Bulog Soetarto Alimoesa, agar menjelaskan soal pembebasan bea masuk (BM) impor beras, kedelai, tepung terigu dan pakan ternak. “Ini bentuk kegagalan kedua pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan nasional,” ujar Aria Bima dihubungi, Senin (10/1).

Hal itu diungkapkannya menanggapi kebijakan pemerintah mulai Februari membebaskan bea impor nol persen untuk produk pangan tersebut. Kesalahan pertama, menurut politisi PDIP, pemerintah gagal menjaga ketahanan pangan dengan cara melakukan impor beras. Padahal, menurut data dari Departemen Pertanian, produksi padi pada 2010 mencapai 32 juta ton. “Produksi sebesar itu Bulog tidak mampu menyerap dan memenuhi stok pangan nasional 1,5 juta ton, sehingga harus impor. Itu soal kemauan dan kemampuan saja. Maka perlu dievaluasi kinerjanya,” ujar legislator dari daerah pemilihan Jawa Tengah.

Bima lebih cenderung Perum Bulog hanya mengambil langkah pragmatis dan praktis dalam memenui stok pangan nasional. Pasalnya, dalam proses impor banyak melibatkan perantara yang menjanjikan, sementara kepedulian terhadap petani dalam negeri terabaikan karena tidak menghasilkan keuntungan secara pribadi.   

Kegagalan pemerintah yang kedua, menurut Bima, membebaskan bea masuk impor pangan. Hal itu bisa berakibat petani malas bertanam karena sudah tercukupi oleh impor bahan pangan. Padahal mestinya pemerintah perlu bertindak diskriminasi dengan memperbesar bea masuk impor agar bisa bersaing dengan produksi pangan dalam negeri.
Terpisah Kordinator LSM Protanikita Bonang menyatakan, ironis jika pertahanan pangan berbasis beras petani asing bakal kini terjadi di negera agraris yang subur dan petaninya rajin bercocok tanam. (di-77)

 

Sumber : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/01/11/134341/Impor-Pangan-Bebas-Bea-Masuk-Bentuk-Kegagalan-Pemerintah

Tue, 11 Jan 2011 @11:16
Tags: news berita


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 5+7+9

Copyright © 2017 Disperindag Prov Jateng
All Rights Reserved