Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
  • guest
    kreatif dan menarik untuk...
  • guest
    informasi yang menarik...
  • ems
    percobaan posting...
Other website

Tinggalkan Pesan

Menteri ESDM Ogah Ributkan Lagi Soal TDL

Penulis : Akhmad Mustain

JAKARTA--MICOM: Menteri Energi dan Sumber daya Mineral Darwin Zahedi Saleh menegaskan tidak ada perubahan terhadap pemberlakukan capping 18% tarif listrik untuk industri hingga ada kesepakatan lain antara pemerintah dan Komisi VII DPR. Untuk itulah, ia enggan meributkan masalah pencabutan capping tersebut. 

"Tidak usah diributin lagi. Sudah jelas posisi pemerintah dan komisi VII. Bahwa itu gak boleh berubah, karena hasil kesepakatan komisi VII dengan pemerintah, sampai pemerintah dan komisi VII membicarakan kembali," tukas Darwin di Kantor Wakil Presiden Jakarta, kemarin. 

Untuk itulah, lanjut Darwin, pencabutan capping tersebut tidak bisa diberlakukan karena, harus mendapatkan persetujuan dari ESDM. Jika sudah mendapatkan persetujuan dari ESDM, barulah nanti dibicarakan dengan Komisi VII DPR RI. "Tidak boleh dengan hal itu (pencabutan capping), sebelum mendapatkan persetujuan," tukasnya. 

PLN terkait kebijakan BUMN listrik ini yang mencabut batas kenaikan tarif listrik bagi industri maksimal sebesar 18 persen pada 1 Januari 2011. Kebijakan PLN bermula pada Juli 2010. Pada saat itu, mengacu pada peraturan Menteri soal tarif listrik, PLN melakukan pembatasan kenaikan tarif maksimal (capping) sebesar 18 persen bagi industri. 

Pembatasan maksimal dilakukan karena sejumlah industri keberatan dengan dengan kenaikan tarif secara penuh, hingga lebih dari 20 persen. Namun, untuk 2011, pemerintah hanya mengalokasikan anggaran subsidi listrik Rp40,7 triliun. Ini lebih kecil dibandingkan dengan anggaran subsidi listrik 2010 sebesar Rp55,1 triliun. 

Jika PLN tetap menerapkan batasan maksimum kenaikan tarif, maka subsidi listrik akan membengkak. Untuk mencegah pembengkakan subsidi tersebut, maka PLN menghapus batas maksimal kenaikan tarif listrik. Dengan demikian, kenaikan tarif listrik bagi industri akan berlaku maksimal seperti semula.(Mad/X-12)

 

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/read/2011/01/01/195397/4/2/Menteri-ESDM-Ogah-Ributkan-Lagi-soal-TDL

Thu, 13 Jan 2011 @15:33
Tags: news berita


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 8+3+9

Copyright © 2017 Disperindag Prov Jateng
All Rights Reserved