Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
  • guest
    kreatif dan menarik untuk...
  • guest
    informasi yang menarik...
  • ems
    percobaan posting...
Other website

Tinggalkan Pesan

KERIPIK BONGGOL PISANG RENYAH Dan KAYA AKAN SERAT

image

 

Apa Anda sering menemui keterangan “eror not found, atau halaman tidak ditemukan” ketika sedang membuka sebuah blog atau website? Mungkin sebagian besarpengguna internet pernah menemukan beberapa situs yang tidak bisa dibuka, dengan keterangan seperti diatas. Namun tidak semua orang mengetahui arti dari keterangan tersebut.

Secara garis besar, keterangan tersebut memberitahukan kepada para user bahwa terdapat broken link pada halaman website atau blog, sehingga halaman tersebut tidak bisa terbaca oleh mesin pencarian. Yang dimaksud dengan istilah broken link pada bisnis online adalah kerusakan link atau  matinya link pada sebuah blog atau website, dikarenakan link tersebut sudah tidak valid (bisa jadi rusak atau memang sudah dihapus).

Bagi para blogger keberadaan broken link pada bisnis online perlu diwaspadai, sebab adanya broken link memberikan kerugian yang cukup besar. Kerugian yang dimungkinkan muncul dari broken link antara lain :

  1. Para pengguna internet tidak bisa menemukan halaman atau situs Anda, sehingga informasi yang disampaikan tidak bisa dibaca oleh konsumen.
  2. Menurunnya jumlah pengunjung, yang menyebabkan turunnya page rank pada bisnis online Anda.
  3. Resiko terbesar yaitu terkena banned Google (mesin pencarian), sebab broken linkpada sebuah situs yang terlalu banyak akan dianggap sebagai spam.

Terlepas dari besar kecilnya kerugian yang diakibatkan broken link, sebaiknya bagi Anda para blogger sebisa mungkin menghindari kegiatan-kegitan yang bisa menyebabkan kerusakan atau matinya link di website atau blog Anda. Apa saja yang menyebabkan broken link? Mari kita bahas bersama.

  • Menghapus konten yang sudah dipublish

Salah satu penyebab adanya broken link yaitu menghapus konten yang sudah terindeks oleh mesin pencarian. Seringkali para blogger mengedit konten yang dirasa kurang tepat, dan menghapusnya diganti dengan konten yang baru. Ketahuilah bahwa kegiatan tersebut akan berakibat buruk pada blog atau website Anda. Karena walaupun sudah dihapus, mesin pencarian akan tetap mengindeks link konten tersebut pada mesin pencarian dalam waktu tertentu. Sehingga link tersebut menjadi tidak valid, dan dianggap sebagai spam.

  • Mencantumkan link yang tidak valid

Berhati-hatilah mencantumkan internal link maupun eksternal link pada situs Anda. Pastikan semua link yang Anda gunakan, masih dalam keadaan aktif dan tidak rusak. Kasus ini bisa terjadi ketika Anda mencantumkan eksternal link, dan ternyata alamat situs yang Anda link-kan sudah tidak aktif lagi atau dihapus. Jadi, sebisa mungkin cek semua link yang ada di website atau blog Anda secara berkala. Anda bisa menggunakan tools pengecek broken link untuk mengetahui semua link yang rusak atau mati, sehingga bisa segera diperbaiki agar tidak sampai merugikan bisnis online yang dijalankan.

  • Salah menuliskan link

Nah, penyebab yang ketiga ini paling sering dilakukan. Cukup banyak blogger yang membuatbroken link karena sering salah menuliskan alamat link yang ditautkan. Misalnya saja menuliskan alamat link namun kurang satu huruf, kurang tanda garis miring (/), kurang tanda penghubung (-), tidak menuliskan www, atau bahkan lupa belum  menuliskan alamat linknya (hanya berisi http:// saja). Hal-hal kecil tersebut ternyata memberikan dampak besar bagi link di situs Anda. Maka dari itu setelah selesai mencantumkan link, biasakan untuk memeriksa kembali satu per satu link tersebut. Agar tidak sampai terjadi broken link yang merugikan Anda.

Tentu adanya broken link akan sangat merugikan Anda sebagai pelaku bisnis online. Oleh sebab itu waspadai broken link pada bisnis online, agar memudahkan mesin pencarian mengindeks alamat website atau blog Anda. Selamat berkarya dan salam sukses.

 

 

Sumber gambar : http://www.equinaut.net/wp-content/uploads/2009/04/broken-link.jpg dan http://1.bp.blogspot.com/_fBngOe5kHtk/SxaP4-ZZiUI/AAAAAAAAA9Q/PO68dIchauM/s320/no-spam.jpg

Sumber artikel : http://bisnisukm.com/waspadai-broken-link-pada-bisnis-online.html

Thu, 27 Jan 2011 @13:54


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 7+2+7

Copyright © 2017 Disperindag Prov Jateng
All Rights Reserved