Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
  • guest
    kreatif dan menarik untuk...
  • guest
    informasi yang menarik...
  • ems
    percobaan posting...
Other website

Tinggalkan Pesan

Peluang Bisnis Sampingan Sesuai Dengan Skill

image

Memulai bisnis sampingan memang bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun tidak semua orang bisa sukses menjalankannya. Dibutuhkan kemauan, keberanian, dan skilltertentu untuk bisa memperoleh tambahan pendapatan di luar gaji yang Anda terima setiap bulannya.

Salah satu alternatif yang bisa mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis sampingan, yaitu mencoba peluang bisnis sesuai dengan skill atau hobi yang Anda miliki. Dengan begitu Anda tidak akan merasa terbebani untuk menjalankan bisnis sampingan tersebut, karena Anda bisa menjalankan bisnis di bidang yang Anda senangi.

Beberapa peluang bisnis sampingan sesuai dengan skill atau hobi yang bisa dicoba antara lain, mencoba bisnis kue ataupun membuka warung lesehan bagi Anda yang hobi memasak. Atau bisa juga Anda membuka bisnis jasa seperti jasa reparasi elektronik, jasa jahit pakaian, jasa pembuatan website, jasa penerjemah, dll.

Nah, apa Anda tertarik untuk mencoba peluang bisnis sampingan sesuai dengan skill? Berikut kami informasikan, peluang usaha sampingan jasa reparasi elektronik yang bisa Anda jalankan setelah pulang kerja.

Konsumen
Target konsumen peluang bisnis ini adalah semua orang yang memiliki barang-barang elektronik. Bisa jadi dari rekan-rekan Anda di kantor, kerabat dekat Anda, maupun para tetangga yang ada di sekitar rumah Anda.

Info bisnis
Hampir semua alat elektronik memiliki resiko mengalami kerusakan, dari mulai televisi, radio tape, DVD/VCD player, kulkas, kipas angin, AC, magicgar, serta masih banyak lagi lainnya. Tak diragukan lagi, bila peluang bisnis ini memiliki prospek yang cukup menguntungkan.

Karena bisnis sampingan ini dijalankan sesuai dengan skill, maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut untuk memulai usaha :

  • Karena ini bisnis jasa yang membutuhkan modal skill, maka sebisa mungkin sebelum memulai usaha pelajari terlebih dahulu hal-hal yang berhubungan dengan barang elektronik. Seperti cara menganalisa kerusakan barang elektronik, cara membongkar dan memperbaiki elektronik yang rusak, serta mengetahui kisaran harga onderdil elektronik. Modal tersebut bisa diperoleh dengan mengikuti kursus servis elektonik, belajar secara otodidak, serta pengalaman di tempat kerja maupun pengalaman selama menuntut ilmu.
  • Selanjutnya siapkan perlengkapan servis yang dibutuhkan, misalnya saja obeng, tang kecil, solder, taspen, adaptor, berbagai jenis kabel, serta beberapa peralatan lain yang mendukung.
  • Cari pusat penjualan komponen elektronik yang menawarkan produk-produk berkualitas, dengan harga miring. Sehingga biaya operasional yang Anda keluarkan tidak terlalu besar.
  • Untuk awal usaha Anda bisa menjalankan bisnis ini di rumah setelah pulang kerja, jadi bisnis ini tidak mengganggu pekerjaan utama Anda.

Kelebihan bisnis
Bisnis sampingan servis elektronik ini tidak membutuhkan modal besar, yang terpenting adalah modal skill dan pengetahuan di bidang elektronik. Disamping itu, peluang bisnis ini bisa Anda jalankan setelah pulang kerja atau di waktu libur Anda. Sehingga bisnis ini tidak mengganggu pekerjaan utama Anda setiap harinya.

Kekurangan bisnis
Kendala yang sering menghambat bisnis jasa reparasi elektronik yaitu kurangnya kemampuan atau pengetahuan untuk mereparasi barang elektronik. Selain itu kendala yang dihadapi adalah sulitnya mendapatkan beberapa komponen untuk memperbaiki alat elektronik tertentu, bila adapun pasti harganya cenderung lebih mahal.

Pemasaran
Karena bisnis sampingan tersebut dijalankan di rumah, maka strategi pemasaran yang paling efektif adalah promosi dari mulut ke mulut. Dengan menginformasikan usaha Anda kepada rekan kerja, kerabat dekat, maupun tetangga yang ada di sekitar rumah Anda.

Anda juga bisa memasang plakat nama usaha dan jenis barang-barang elektronik yang bisa Anda servis, di depan rumah Anda. Ini menjadi satu daya tarik bagi masyarakat sekitar yang tidak sengaja melewati lokasi tersebut. Cantumkan pula waktu operasional usaha, yang bisa Anda sesuaikan dengan jadwal pekerjaan Anda sehari-hari. Contohnya saja : senin-jumat buka pukul 17.00- 21.00 WIB, sedangkan hari sabtu dan minggu buka pukul 10.00-21.00 WIB. Jadi konsumen yang datang ke rumah Anda, tidak kecewa bila mendapati Anda belum sampai di rumah.

Kunci sukses
Kunci kesuksesan bisnis ini terletak pada kualitas hasil reparasi dan harga reparasi yang ditentukan. Maka dari itu, tingkatkan kemampuan Anda dalam mereparasi alat elektronik dan tawarkan biaya reparasi yang terjangkau oleh semua kalangan. Bila perlu berikan garansi jasa reparasi untuk beberapa hari, agar kepuasan pelanggan tetap terjaga.

Analisa Ekonomi

Asumsi :
Usaha dijalankan di rumah, jadi tidak ada biaya sewa tempat.
Rata-rata dalam satu minggu berhasil mereparasi 3 alat elektronik.
Dengan mematok tarif kurang lebih Rp 50.000,00-Rp 100.000,00 untuk setiap jasa

Modal awal
Peralatan servis (obeng, tang, solder, taspen, dll)      Rp 2.000.000,00
Komponen elektronik                                      Rp 1.000.000,00 +
Total                                                    Rp 3.000.000,00

Biaya penyusutan alat setelah pemakaian 2 tahun (24 bulan)
= 1/24 x Rp 2.000.000,00       =          Rp 83.400,00

Biaya operasional per bulan
Biaya listrik                                            Rp   150.000,00
Bahan pendukung servis (kabel, tenol solder)             Rp   100.000,00
Pembelian komponen rata-rata per bulan                   Rp 1.000.000,00
Biaya penyusutan alat                                    Rp    83.400,00 +
Total                                                    Rp 1.333.400,00

Omset per bulan
Jasa servis elektronik (belum termasuk ganti komponen) :
3 order x Rp 50.000,00 x 4 minggu                        Rp   600.000,00
Jasa penggantian komponen rata-rata per bulan            Rp 1.250.000,00 +
Total                                                    Rp 1.850.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 1.850.000,00 - Rp 1.333.400,00               =        Rp 516.600,00

BEP 
(modal awal : laba bersih per bulan)           =         ± 6 bulan

Cukup menguntungkan bukan? Jadi bagi Anda yang memiliki skill di bidang elektronik, tidak ada salahnya jika Anda memulai usaha sampingan dengan skill tersebut. Tingkatkan selalu skill Anda, dan manfaatkan sebagai peluang usaha. Selamat mencoba dan salam sukses.

 

Sumber gambar : Tim Bisnis UKM

Sumber artikel : http://bisnisukm.com/peluang-bisnis-sampingan-sesuai-dengan-skill.html

Wed, 2 Feb 2011 @09:54


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 8+6+9

Copyright © 2017 Disperindag Prov Jateng
All Rights Reserved