Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
  • guest
    kreatif dan menarik untuk...
  • guest
    informasi yang menarik...
  • ems
    percobaan posting...
Other website

Tinggalkan Pesan

Banyak Pabrik Tekstil Tutup

BANDUNG-Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mencatat banyak penutupan pabrik tekstil dan produk tekstil (TPT) di sentra-sentra TPT di Indonesia. 
’’Fenomena itu terjadi karena pemilik generasi kedua tak mau melanjutkan usaha orang tuanya,’’ tutur Ketua Umum API, Ade Sudrajat, Sabtu.

Dia mencontohkan di sentra TPT kawasan Moh Toha, Bandung, lima tahun lalu ada 48 pabrik, tetapi kini hanya ada 20-an yang beroperasi. “Salah satunya karena berganti pemilik. Generasi kedua banyak yang tak berminat melanjutkan usaha orang tuanya. Pilihannya, dijual atau pensiun,” kata Ade, Sabtu.
Ade menambahkan biasanya pabrik-pabrik yang tutup itu mau tak mau harus memberhentikan para pekerjanya karena dijual ke pihak lain. 

Setidaknya, membutuhkan waktu 2-3 bulan sampai menemukan pemilik baru sehingga tenaga kerja yang sudah diberhentikan bisa diserap lagi. 
’’Harga satu pabrik tekstil skala besar sekitar 10 juta dolar AS,” jelasnya. Menurut Ade, fenomena itu tak terlepas dari perbedaan pandangan atau visi antara generasi pertama dan generasi kedua. (dwi,dtc-29)

Mon, 14 Feb 2011 @08:14
Tags: news berita


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 1+4+9

Copyright © 2017 Disperindag Prov Jateng
All Rights Reserved